Selasa, 17 Juni 2008

TOPI JERAMI

 


 TOPI JERAMI



Tentang Luffy


Dia adalah kapten dari Kelompok Bajak Laut Topi Jerami, dan berasal dari Desa Fusha. Sebelumnya, kepala Luffy dihargai 30 juta berry setelah mengalahkan Arlong dan menjadi harga tertinggi di wilayah East Blue (nilai nominal untuk kriminal di East Blue adalah 10 juta berry). Kemudian dia meraih harga 100 juta berry untuk kepalanya setelah mengalahkan Crocodile, salah satu dari Sichibukai, dan naik menjadi 300 juta berry setelah peristiwa di Enies Lobby


Buah Gomu Gomu


Ketika Luffy masih muda, dia secara tidak sengaja memakan Buah Iblis (di versi anime, dia memakannya asal-asalan dengan marah karena merajuk pada Shanks) yaitu Buah Gomu Gomu yang ia anggap adalah makanan penutup. Buah Gomu Gomu (Gomu berarti karet) adalah salah satu dari buah iblis yang menyebabkan tubuh pengguna menjadi melar layaknya karet dan bisa memanjangkan anggota tubuhnya. Selain itu, pengguna bisa kebal terhadap serangan fisik, bahkan peluru sekalipun dan menghantarkan listrik. Kelemahannya adalah benda tajam dan mungkin juga api.

Luffy menggunakan kekuatan Buah ini sebagai ciri bertarungnya yang khas, yaitu memanjangkan lengan untuk meninju atau memanjangkan kaki untuk menendang dan bisa menggembungkan tubuh untuk pertahanan diri. Luffy mempelajari struktur tubuhnya sangat dalam, sehingga mendapat banyak variasi dari jurus "mulur"nya. Terakhir, Luffy mempelajari keuntungan sebuah tubuh karet, dapat untuk memompa aliran darah dan mempercepat sistem transportasi energi, sehingga dia mendapat energi lebih banyak dari tubuhnya, dan tubuhnya juga mengeluarkan uap. Gerakan ini dia namakan sebagai Gear Second. Kelebihan dari Gear Second adalah kecepatan dan kekuatan Luffy menjadi berkali-kali lipat dari sebelumnya, tetapi hanya untuk waktu yang singkat. Dengan kecepatan yang melebihi angin dan stimulan tenaga yang berlipat ganda, bahkan ara petarung super CP9 pun kewlahan menghadapi dirinya.

Gear Third merupakan suatu teknik dengan memompakan udara ke dalam tulang karetnya sehingga akan membuat sebagian tubuhnya menjadi besar. Jurus ini berbeda dengan gomu-gomu no fusen yang hanya dapat menyimpan udara di dalam perutnya, udara yang disimpan dengan jurus ini dapat ditransferkan ke tangan dan kaki sehingga membuatnya bisa mengeluarkan jurus gomu-gomu gigan pistol & giant axe. Kelebihan dari Gear Third adalah kekuatan menjadi berkali-kali lipat melebihi kekuatan pada saat Gear Second, tetapi kecepatannya menurun drastis. Selain itu, tubuh Luffy akan menyusut menjadi kecil setelah Gear Third selesai digunakan.



MONKEY D GARP

MONKEY D DRAGON



PORTGAS D ACE

Keluarga

Keluarga Luffy di penuhi misteri. Yang pertama diketahui dia adalah adik dari Portgas D. Ace, komandan divisi 2 dari kelompok bajak laut shirohige. Kemudian di Water 7, dia bertemu kakeknya yang selama ini merawatnya, Monkey D. Garp. Dan anehnya, Garp sendiri adalah seorang laksamana madya legendaris dari angkatan laut. Disini juga diceritakan tentang kebenaran ayah Luffy. Sang Kriminal terburuk di dunia, revolusioner Dragon adalah ayah Luffy dengan nama lengkap Monkey D. Dragon. Tapi yang jelas, Luffy adalah salah satu penyandang nama D. di kisah ini, juga seluruh keluarganya.


GOING MERRY

Going Merry didesain oleh Merry, pelayan kepercayaan Nona Kaya. Kapal ini dilengkapi dengan empat (4) Canon, satu di depan, 2 di setiap sisi kapal, dan satu dibagian buritan kapal. Meskipun memiliki kanon, mereka jarang menggunakannya; mereka memilih untuk kabur jika tidak memiliki kesempatan untuk bertarung dalam jarak dekat (hand-to-hand combat)

Kapal ini diberikan kepada Monkey D. Luffy, Zoro Roronoa, Usopp, dan Nami sebagai balas jasa karena telah berhasil menggagalkan Kapten Kuro dan kelompoknya yang berencana untuk menyerang Desa Syrup dan membunuh Kaya. Setelah berakhirnya kisah Arlong, Nami membuat kebun Jeruk yang bibitnya ia dapatkan dari kebun Belle-Mère di atas kapal.

Going Merry adalah kapal petama milik kelompok ini. Going Merry menemani mereka sejak awal perjalanan di East Blue. Going Merry menerima kehancuran fatal dan bahkan melebihi batas kerusakan kapal normal sejak di Grand Line. Sampai akhirnya di Water 7 Going Merry dianggap sudah tidak bisa berlayar. Going Merry dibuang ke laut oleh CP9. Pada akhir kehancuran Enies Lobby, Going Merry muncul secara tiba-tiba di hadapan para kru dan menolong mereka dari serbuan Buster Call. Pada akhirnya Going Merry tenggelam dan “dikubur” dalam upacara seperti pemakaman kapal viking.

ANGGOTA BARU

SEBELUM BERGABUNG
Franky berhasil mendapat uang 200 juta berry dari kelompok topi jerami. Ketika kembali dari bisnisnya, keluarga Franky dan rumahnya telah dihancurkan. Franky yang marah kemudian menculik Usopp dan dibawa ke gudang di bawah jembatan (markas Tom’s Worker). Di sinilah Usopp dan Franky dibawa oleh CP9.

Franky ditangkap oleh CP9 karena rancangan Pluton telah diketahui keberadaannya. Bersama Nico Robin, Franky sekarang digiring ke Ennies Lobby.

Franky berhasil lolos dari CP9 bersama Robin namun Robin tidak berhasil lolos. Akhirnya Franky bertarung bersama kelompok topi jerami untuk mengalahkan CP9. Setelah Franky mengalahkan Chappa(salah seorang anggota CP9), ia mengejar Spandam yang membawa Robin untuk melepaskan borgol batu laut. Setelah borgol batu laut yang mengikat tangan Robin dilepaskan, Franky membantu anggota topi jerami untuk meloloskan diri dari Ennies Lobby. Pada akhir cerita di Water 7, Franky bergabung ke anggota Luffy sebagai tukang kayu / reparasi kapal.




FRANKY ADALAH

Franky adalah cyborg yang konyol dan bodoh. Franky selalu melakukan pose-pose yang aneh ketika akan beraksi. Franky juga pemarah dan akan serius jika masalah yang ditanggapinya serius. Dia juga gampang menangis walaupun mungkin itu adalah salah satu kelakuan konyolnya. Franky juga pemberani sejak masih kecil, terbukti kalau dia menantang monster laut dengan Battle Franky buatannya.
Franky selalu memperdulian orang disekitarnya, seperti anak buahnya dan Usopp yang baru saja menjadi temannya. Selain itu, dia berusaha untuk menyelamatkan dan mempersatukan kelompok topi jerami yang terpencar-pencar. Sebenarnya dia orang baik-baik hanya tingkahnya saja yang membuat dia seperti orang bengal.
Sebagai pemimpin, Franky dihormati oleh para anak buahnya dan mereka rela mengejar Franky yang diculik CP9. Para warga Water Seven membenci Franky tetapi Iceburg dan Franky punya ikatan batin yang tak terlepaskan karena mereka berdua adalah murid tom.
Penampilan Franky merupakan parodi Ace Ventura, dari jaket Hawaii-nya sampai rambutnya. Dia hanya menggunakan celana dalam pantai dan pakaian hawaii.
Impian Franky adalah membuat kapal terhebat di dunia yang kelak akan mengarungi lautan luas. Mimpi inilah yang membuat dia dimungkinkan akan menjadi tukang kayu kapal kelompok bajak laut topi jerami.

Keahlian dan Kekuatan







Kalaupun dia tidak cyborg, Franky pada dasarnya adalah orang yang kuat, Franky dapat mengalahkan jurua Tekkai milik Blueno dan mengangkat Blueno dengan mudah. Franky sangat terampil dalam hal pembuatan kapal (perang), dia telah menciptakan 35 kapal perang yang dapat mengalahkan monster laut. Dia juga telah mengubah dirinya menjadi cyborg dan menjadi “kapal perang” buatannya yang ke-36 (di tubuhnya ada tato BF36). Franky juga pandai dalam hal bermain gitar dan menari. Selain itu, keluarga Franky juga terorganisir dengan baik, walaupun anggotanya lemah. Franky dapat mengumpulkan anggota yang banyak, tiga diantaranya manusia gigantisme dan juga memiliki 2 king bull. Perut Cyborg Franky adalah lemari es yang berfungsi untuk menyimpan cola sebagai tenaga untuk melontarkan Coup de Vent.

Tenaga Franky berasal dari cola yang ditaruh di perutnya, ada 3 cola yang disimpan. Jika semua cola tersebu habis, maka Franky tidak bisa mengeluarkan jurus-jurusnya. Jurus Coup de Vent memakai (lebih tepatnya meminum) banyak cola. Franky bisa mengatur tekanan jurus Coup de Vent tersebut sehingga hanya memerlukan sedikit cola.

Dalam hal pertarungan, Franky mengandalkan tubuh cyborg-nya. Tubuhnya tidak mempan bila ditembak peluru dan tangannya bisa menjadi tameng untuk pertahanan. Serangan Franky yang sering dipakai yaitu Strong Right, melontarkan lengan kanannya dengan cepat untuk meninju dan Fresh Fire, menembakkan api dari mulutnya. Kaki Franky juga dapat membelah dan maju kedepan sehingga terlihat mempunyai 4 kaki, Franky menamakannya Franky Centaur.

Kelemahan Franky adalah punggungnya, bagian ini hanya seperti kulit manusia biasa karena bukan terbuat dari lempeng besi (ini dikarenakan Franky tidak bisa meraih punggungnya sendiri ketika membuat cyborg dirinya).

Jurus Franky yang terkuat yaitu Coup de Vent. Coup de Vent akan menembakkan gelombang angin raksasa yang bisa menghancurkan satu dok beserta peralatan berat di Water Seven. Coup de Vent berasal dari tekanan udara di dalam tangannya sehingga tangannya menggembung.



Thousand Sunny


Dalam manga One Piece, Thousand Sunny adalah kapal Bajak Laut Topi Jerami yang dibuat oleh Franky dan Galley-la Company. Kapal ini dibuat untuk menggantikan Going Merry yang sudah hancur / terbakar. Kapal ini merupakan kapal impian yang ingin dibuat Franky. Bahannya terbuat dari Pohon Adam yang sangat kuat yang juga merupakan bahan kapal Bajak Laut Gold Roger. Ukurannya dua kali lebih besar dari Going Merry. Kapal ini punya sistem yang yang bernama 'Soldier Dock System.Yang terdiri dari 4 dock. Dock 0 adalah paddle, dock 2 mini merry II yang dibuat oleh Franky dock 1 white wooden horse I, dock 3 ada Shark submerge III sejenis kapal selam berbentuk hiu dan di dock 4 belum ada apapun untuk menghadapi segala macam masalah cuaca yang ada di Grand Line.


Tidak ada komentar: