Senin, 16 Juni 2008

ULTRAMAN



ULTRAMAN





Ultraman berasal dari Nebula M78. Ia adalah seorang dosen di Space University serta anggota Space Garrison. Dikisahkan pula, bahwa ia punya kehidupan di sana. Ayahnya adalah direktur dari Space Security Board dan ibunya adalah guru di sekolah Ultra. Kedatangannya ke bumi karena suatu alasan. Saat itu, ia tengah berhasil menangkap monster bernama Berniar, dan hendak mengembalikannya ke Kuburan Luar Angkasa untuk para monster. Namun, Ultraman bertabrakan dengan sebuah kapal tempur dari Patroli Luar Angkasa bernama SSIT yang berasal dari bumi. Pilotnya yang bernama Shin Hayata hampir terbunuh dalam kejadian itu. Merasa bersalah, di saat kritis itulah Ultraman memutuskan untuk membagi energinya dengan Hayata agar Hayata tetap hidup. Ultraman pun menjadi satu dengan Hayata sehingga Ultraman harus menetap di bumi. Keinginan Ultraman menetap di bumi ternyata mendapat izin dari Zoffy, komandan Space Garrison. Saat itulah, setiap kali monster menyerang bumi, Hayata selalu berubah menjadi Ultraman. Perubahan dirinya menjadi Ultraman dibantu sebuah alat bernama Beta Capsule yang selalu disimpan di saku kiri baju patrolinya.

Ultraman sangatlah kuat dan memiliki banyak jurus. Namun seperti kebanyakan pahlawan super lain yang memiliki kelemahan (Superman lemah terhadap batu krypton), Ultraman lemah terhadap atmosfer bumi. Atmosfer bumi mengurangi energi matahari yang menjadi sumber kekuatannya, dan tidak bebas seperti saat di luar angkasa yang hampa udara. Struktur udara bumi juga berbeda dengan planet asalnya. Berdasarkan alasan tersebut, JADI Ultraman hanya bisa bertarung dalam wujud raksasa hanya selama 3 menit. Dalam perjuangannya melindungi bumi, Ultraman akhirnya dikalahkan oleh makhluk luar angkasa bernama Zelton. Bola api yang ditembakkan Zelton membuat color timer di dada Ultraman hancur. Walaupun akhirnya Zelton dapat dikalahkan oleh tim SSIT, namun tampaknya Ultraman tak tertolong lagi. Secara tiba-tiba, Zoffy muncul untuk menolong. Zoffy menjelaskan pada Ultraman bahwa untuk memperbaiki color timer  yang rusak, Ultraman harus menjalani perawatan di planet asalnya. Ultraman awalnya menolak karena bila berpisah dengan Hayata, maka Hayata akan mati. Pada akhirnya, Zoffy memisahkan Ultraman dari Hayata, dan memberikan cukup tenaga kepada Hayata agar bisa bertahan untuk sementara hingga Ultraman kembali ke bumi. Serial ini berakhir tanpa pernah diketahui apakah Hayata kembali bersatu dengan Ultraman atau tidak.

Data dan jurus Ultraman

Tinggi: 40 meter
Berat 35.000 ton
Umur: 20.000 tahun (menurut perhitungan kalender bumi )
Kecepatan terbang: Mach 5 (5 kali kecepatan suara)               
Kecepatan lari: 700 km/jam

Jurus:
Spectrum Ray: senjata trademark dengan menyilangkan tangan kanan secara horizontal dan tangan kiri secara vertikal.
Ultra Slash: cincin sinar yang mampu memotong benda apa saja
Attack Beam: sinar dikeluarkan dari pukulannya
Ultra See-through Beam: sinar yang mampu melihat benda-benda yang tidak kelihatan, seperti kapal induk Alien Baltan yang bersembunyi
Ultra Air Attack: sinar anti gravitasi
Ultra Water Stream: sebuah pancaran air dari tangan untuk memadamkan api
Teleportion: mampu berpindah secara seketika ke berbagai tempat di galaksi.

   

Ultraman Zearth 2, Super Human Big Battle: Light and Shadow

Film dimulai di benua Antartika, Zearth sedang melawan Ultraman Shadow, sebuah robot milik Lady Benzen. Zearth kalah telak akibat jurus Meriken Punch yang menghantam mata kirinya. Katsuto Asashi menjadi trauma berat, dan takut dengan sarung tangan bertatah yang mirip punya Shadow. Saat ia melihat anak kecil bernama Yuhki (adik Tohru) sedang dikeroyok preman, Katsuto malah meringkuk ketakutan. Alasannya, sang preman memakai sarung tangan mirip punya Shadow. Tidak tahan menghadapi semua ini, dan malu akibat kepengecutannya, Katsuto mengundurkan diri dari MYDO padahal ia telah diterima sebagai anggota penuh.

Di pompa bensin muncul seorang wanita misterius berpakaian serba hitam yang mengenalkan dirinya bernama Kagami. Kagami minta agar motornya diisi bensin sambil menunjukkan sarung tangan bertatah. Katsuto menjadi histeris, dan Kagami ternyata adalah kedok dari Lady Benzen. Akibatnya, Lady Benzen langsung mengetahui Zearth dan Katsuto adalah orang yang sama. Dia ingin membalas dendam kaumnya dengan membunuh Zearth, dan memperbudak umat manusia untuk dijadikan bala tentaranya.

Sementara itu, ayah Zearth dari Nebula Z95 menyembuhkan mata sang anak dan mengirimkan kapsul monster beserta kalimat berukir awan sebagai pemberi semangat. Katsuto juga bergabung dengan dojo karate untuk menambah kemampuan. Sekaligus di sana, ia melatih fisik serta mental dengan harapan bisa mengalahkan Shadow. Guru karate memberinya latihan sederhana. Katsuto harus dapat menendang bola yang digantung tinggi di dahan pohon. Berkali-kali Katsuto gagal, dan menjadi tontonan sekaligus bahan tertawan dari anggota dojo yang lain, kecuali Yuhki.

Ultraman Shadow menyerang kota untuk memancing agar Zearth keluar. Katsuto yang merasa belum siap (belum berhasil menendang bola) melemparkan kapsul monster Miraclon untuk melawan Shadow. Lady Benzen merasa Zearth hanya buang-buang waktu. Shadow disuruhnya mengeluarkan kapsul monster Darklar. Namun Zearth masih tak kunjung muncul, Lady Benzen menyuruh Shadow menembakkan sinar merah dari matanya untuk menghipnotis orang-orang, dan membawa mereka ke Shadow City.Tohru Hoshimi ikut menjadi korban sinar merah itu. Yuhki mengeluh dan mengutarakan kekesalannya di depan Katsuto karena Zearth belum datang. Semangat dan keberanian Katsuto bangkit, dan bola berhasil ditendangnya. Ia pun berubah menjadi Ultraman untuk mengalahkan Ultraman Shadow serta Lady Benzen di Shadow City dengan jurus baru: Croos Spessushura Ray.



Ultraman Zearth

Jika berdiri dijajarkan dengan para Ultraman lainnya, Zearth gampang dikenali karena bentuk kepalanya yang berwarna merah. Semua Ultraman warna kepalanya adalah perak.
Tinggi: 60 meter
Berat: 54,5 ton
Kecepatan terbang: mach 19,9
Kecepatan lari: mach 5,55
Kecepatan renang: 889 km/jam
Jarak lompatan: 1000 meter.
Jurus: Speshusshura Ray, Cross-Speshusshura Ray, Zearshutoh, Kakato Otoshi (jurus karate yang dipelajari Katsuto di film kedua)


Ultraman Shadow

Shadow bukanlah termasuk keluarga Ultra, ia adalah robot yang dibuat oleh Alien Benzen. Wujudnya adalah salinan dari Zearth, bedanya adalah warna matanya yang merah dan warna kostumnya yang hitam. Jika melihat data di bawah ini, tampak bahwa Shadow lebih kuat dari Zearth.
Tinggi: 62 meter
Berat: 65 ton
Kecepatan terbang: mach 21
Kecepatan lari: mach 6
Kecepatan renang: 1000 km/jam
Jarak lompatan: 1200 meter.
Jurus: Shadorium Ray, Plus Style (kebalikan dari Speshusshura Ray), Shadow Meriken Misile, Shadow Hyper Kick (tendangan berputar)

Data Ultraman MAX

Ultraman yang muncul dalam kisah ini hanya dua, yaitu Max sebagai tokoh utama dan Ultraman Zenon. Hal ini semakin menepis harapan pemirsa Jepang yang sangat menanti-nantikan kemunculan Ultraman era Showa pada kisah Max, karena diyakini Max mempunyai hubungan dengan Space Garrison. Meski demikian, sama dengan Ultraman Noa, Max juga dikisahkan berasal dari Nebula M78.
  
Ultraman Max                        
         

     ULTRAMAN ZENON

Max digambarkan sebagai Ultraman terkuat yang pernah ada
.
Ia memiliki hampir semua jurus yang pernah dikeluarkan oleh Para Ultraman yang berbeda. Max memiliki berbagai ukuran tubuh tergantung musuhnya, mulai dari yang lebih kecil dari manusia sampai berkali-kali lipat ukuran Ultraman normal. Sebaliknya, kelemahan Max terletak di sikapnya yang cenderung cuek karena tidak memiliki motivasi yang cukup kuat dan berada di kebimbangan. Melindungi bumi dari monster adalah tugasnya tapi ia menyadari bahwa tidak semua monster jahat, namun mengapa manusia tidak mengerti juga dan tetap berperang melawan mereka? Untuk itu, kadang Max memilih untuk tidak ikut campur dalam urusan manusia dan pertempuran yang melibatkan mereka. Ia beranggapan bahwa pada akhirnya, manusialah yang mengakibatkan kehancuran alam itu sendiri. Pertentangan ini menimbulkan konflik dalam jiwa Kaito yang memilih untuk berada di pihak manusia dan masih membutuhkan kekuatan Max. Pada akhirnya, karena selalu berjuang bersama. Max pun mencoba mempercayai keyakinan Kaito dan membantunya di pertempuran terakhir. Jurus original Max yang tidak dimiliki Ultraman lain: Icing Wave, Maxium Cannon, Maxium Sword, Max Spark, Max Galaxy.

Ultraman Zenon

Asal-usulnya misterius dan hanya muncul sekali pada episode ke-15. Dikisahkan Zenon datang untuk membantu Max yang terdesak melawan monster Zelton. Ia memberikan sebuah senjata bernama Max Galaxy pada Max. Hanya itu saja, seolah datang dan pergi tidak jelas.

Dalam dunia dimana Max berada, dikisahkan bahwa sejak zaman dulu Bumi memiliki banyak peradaban lain selain peradaban manusia yang mendiami permukaan bumi. Karena itu, sering timbul konflik diantara mereka. Namun, entah beratus-ratus tahun kemudian, manusia abad sekarang tidak mengetahui hal itu dan hidup dalam damai. Kebencian bangsa lain akan sikap manusia merupakan ancaman tersendiri yang tidak disadari oleh mereka. Sementara itu, manusia lebih difokuskan pada monster-monster dari luar angkasa yang secara nyata menyerang Bumi. Di sinilah Max muncul.

Touma Kaito bermimpi untuk masuk DASH karena sebelumnya ia adalah relawan yang sering menyelamatkan orang-orang dari bencana alam. Namun, ia gagal dalam tes masuk karena dinilai terlalu berjiwa panas saat berusaha melindungi orang tanpa berpikir panjang dan sering tidak sadar melakukan tindakan berlebihan yang membahayakan keselamatannya sendiri. Kaito memiliki alasan tersendiri dan tetap bersikeras untuk masuk DASH. Suatu hari, ia yang masih menjadi anggota magang, nekat menggantikan salah seorang anggota DASH yang terluka untuk membantu menghalau monster demi menghindari banyaknya korban jiwa yang berjatuhan. Di saat kritis, Touma kemudian menerima kekuatan Ultraman dan memulai tangungjawabnya yang besar. Ia menamakan Ultraman dalam dirinya Max. Dan karena kegigihannya ini, akhirnya Kaito pun diterima menjadi anggota DASH.

Sebagai cerita yang kisah di setiap episodenya berdiri sendiri, cerita dalam Max cukup ringan jika dibandingkan dengan Nexus dan masih lebih berbobot jika dibandingkan dengan Cosmos. Dikisahkan pula tentang Kaito yang berusaha menyesuaikan diri dalam tim dan bahwa sifat ketidakhati-hatiannya masih belum berubah. Ia juga mulai mengerti bahwa kadang jalan pikiran Max tidak sesuai dengannya. Selain itu, ia pun jadi ikutan bingung manakala menghadapi dua pihak yang berselisih: manusia dengan monster. Di satu sisi, manusia ada yang menghalalkan segala cara demi keegoisannya, dan sisi lain tidak semua monster jahat. Max pun berpikir sebenarnya manusialah yang membangun perselisihan itu sendiri. Apalagi, setelah lama-kelamaan diketahui bahwa ada peradaban bangsa selain manusia yang juga mendiami bumi. Kemudian, mulai muncul kenyataan bahwa ada ras manusia yang ternyata keturunan alien.

Akhirnya, salah satu peradaban yang lama mendiami bawah kulit bumi bernama Delos pun ingin menguasai permukaan. Markas UDF dihancurkan satu per satu. Oleh Delos. Agar tidak terjadi yang lebih buruk, Kaito dan rekannya, Mizuki, pergi ke perut bumi untuk menyampaikan pesan perdamaian. Betapa kaget Kaito bahwa ternyata bangsa Delos sudah tidak ada, yang ada hanya perenjataan yang sudah diatur dari zaman dulu. Di lain pihak, Max sudah waktunya pergi dari tubuh Kaito. Kaito pun harus berpacu dengan waktu.




Tidak ada komentar: